Follow Us @soratemplates

', resolution: 'standard_resolution' }); feed.run(); //]]>

Senin, 25 Desember 2017

Cara menggunakan pewarna napthol dalam membatik

Cara menggunakan pewarna napthol dalam membatik

Berikut ini adlah daftar nama-nama garam dan napthol sebagai berikut :

Berikut akan dijelaskan cara pewarnaan dengan napthol :

a. Pewarnaan Napthol dengan Satu Warna (Celup)

Napthol yang dimaksud untuk pewarna batik ikat celup bukan jenis napthol yang biasa untuk mewarnai kain jeans tetapi jenis pewarna napthol dingin, disebut napthol dingin karena proses pewarnaannya tidak direbus seperti halnya pewarna napthol untuk jeans pewarna napthol untuk batik yaitu pewarna napthol yang harus dibangkitkan dengan pembangkit warna (Garam Diazo). Secara umum proses pewarnaan dengan napthol dingin adalah sebagai berikut:

a)   Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat larutan TRO (Turkish Red Oil). TRO berbentuk serbuk putih dan merupakan salah satu bahan pelengkap napthol. Tetapi sebelumnya harus diketahui berapa kuantitas dari napthol, karena perbandingan Napthol dengan TRO yaitu 1 : ½ atau (1/3).
b)   Kain lalu dicelup dalam larutan TRO tersebut. Kemudian tiriskan hingga air yang menetes pada kain habis, tetapi jangan sampai diperas dan jangan sampai kering benar.
c)   Sementara menunggu kain atus/sampai air tidak ada yang menetes, larutkan napthol dan kaustik soda (NaoH) dalam sedikit air panas. Fungsi air panas hanya untuk melarutkan kedua bahan tersebut. Setelah larut masukkan dalam larutan TRO yang pertama tadi lalu tambahkan air dingin dengan perbandingan 3 gr napthol : 1 Liter air.
d)   Kain yang sudah atus/sampai air tidak ada yang meneters tadi kemudian dicelup dalam larutan napthol tersebut. Usahakan agar seluruh kain terendam, kemudian atus/sampai air tidak ada yang meneteskan lagi pada gawangan dan tunggu sampai air yang menetes pada kain habis.
e)   Sementara menunggu kain atus/sampai air tidak ada yang menetes, larutkan garam diazo dalam sedikit air hingga larut, setelah larut tambahkan air dan aduk. Perbandingan napthol dan garam yaitu 1 : 3.
f)    Ketika kain dicelup pada larutan garam maka warna akan segera muncul. Usahakan kain terendam kurang lebih 2 – 3 menit sambil bolak-balik hingga larutan garam benar-benar meresap ke kain.
g) Setelah warna muncul kemudian tiriskan dan keringkan tapi jangan dijemur di bawah matahari.
h)   Setelah kain kering maka proses pelorotan bisa dilakukan. Ditiris Ditiris Ditiris Ditiris & Dijemur Dicuci air

b. Pewarnaan Napthol dengan 2 warna atau lebih (Celup)

Apabila menginginkan lebih dari satu warna maka setelah setengah kering dilakukan pemalaman/penutupan dengan plastik/tali rafia kembali. Sebelumnya harus sudah dipikirkan bagian mana yang akan tetap berwarna sebelumnya dan bagian mana yang akan diwarna berikutnya. Jika menginginkan warna sebelumnya (warna pertama) tetap ada, maka bagian tersebut ditutup malam/plastik/tali rafia.

SUMBER :
2.      http://museumbatikpekalongan.info/?p=315


4 komentar:

  1. Apa bisa digunakan untuk mewarnai kain jenis Polyester ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kain polyester tidak mudah mengikat warna dengan baik, maka saya rasa tidam bisa, warna akan memudar tidak begitu pekat. Dikarenakan bahannya terbuat dari bahan sintetis

      Hapus
  2. In this manner my acquaintance Wesley Virgin's report begins in this SHOCKING and controversial VIDEO.

    Wesley was in the military-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the government and others used to get everything they want.

    As it turns out, these are the exact same tactics many celebrities (especially those who "come out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.

    You've heard that you utilize only 10% of your brain.

    Really, that's because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Maybe that conversation has even occurred IN YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around seven years ago, while riding an unlicensed, beat-up bucket of a car with a suspended license and $3 on his bank card.

    "I'm absolutely fed up with living paycheck to paycheck! Why can't I become successful?"

    You've been a part of those those thoughts, right?

    Your own success story is waiting to happen. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S SECRETS

    BalasHapus
  3. kak mau tanya misal saya mau pakai 2 warna yang celupan pertama warna tua pada motif misal merah tua... lalu celupan kedua untuk backgroundnya tapi saya menginginkannya dengan warna yang lebih terang misal orange atau kuning... bisakah begitu kak??
    mohon dijawab ya makasih

    BalasHapus